Probolinggo - Kamis (23//11/24), Dalam upaya membekali mahasiswa dengan keterampilan praktis di era digital, Universitas Nurul Jadid (UNUJA) bekerja sama dengan Bank Indonesia (BI) dan Lembaga Sertifikasi Profesi Digital Nusantara mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis (BIMTEK) dan Sertifikasi Digital Marketing. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, dari 21 hingga 23 November 2024, bertempat di Wisma Dosen Universitas Nurul Jadid. Peserta yang hadir adalah mahasiswa Generasi Baru Indonesia (GENBI) Universitas Nurul Jadid yang memiliki semangat untuk memperluas wawasan dan kemampuan mereka di bidang pemasaran digital.
Acara ini dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Sosial dan Humaniora UNUJA yang mewakili pimpinan UNUJA, Dr. H. Chusnul Muali, M.Pd. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan pentingnya penguasaan teknologi dan pemasaran digital di tengah perkembangan zaman. “Digitalisasi merupakan era yang harus kita kuasai bersama. Dunia saat ini bergerak ke arah yang semakin digital, dan mahasiswa harus mampu menguasai keterampilan yang relevan untuk bertahan dan bersaing. Melalui kegiatan ini, mahasiswa tidak hanya akan mendapatkan pemahaman teoretis tetapi juga pengalaman praktis yang bisa langsung diterapkan. Terima kasih kepada BI dan LSP Digital Nusantara yang telah berkolaborasi dengan UNUJA dalam membangun SDM berkualitas,” ujarnya.
Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber ahli di bidang pemasaran digital, yaitu Abdul Manan, S.Kom, M.Kom, dan Mohammad Agus Khoirul Wafa, SEI., MEK., RFC. Kedua narasumber membimbing peserta melalui rangkaian materi yang menyeluruh, mencakup teori, praktik, hingga simulasi di lapangan.
Pada hari pertama, peserta diperkenalkan pada konsep dasar pemasaran digital, seperti melakukan survei pasar, menyusun rancangan produk, membuat perencanaan periklanan, serta merancang strategi kreatif untuk pembuatan iklan. Peserta juga belajar tentang bagaimana mengembangkan rancangan proses dengan mempertimbangkan kemampuan produksi, kualitas produk, dan aspek lingkungan.
Hari kedua difokuskan pada praktik dan pengembangan keterampilan teknis. Para peserta diajarkan cara mengoptimasi penjualan melalui media sosial seperti Facebook dan Instagram, membuat konten kreatif untuk iklan dalam bentuk visual, teks, dan video, serta praktik langsung membuat materi iklan yang menarik dan efektif. Tidak hanya itu, peserta juga diajak untuk memahami pentingnya pesan yang kuat dalam sebuah iklan digital. Sesi hari kedua diakhiri dengan pra-asesmen, sebagai persiapan menuju uji kompetensi.
Puncak kegiatan adalah uji kompetensi pada hari ketiga, di mana para peserta diuji kemampuannya dalam pemasaran digital untuk memperoleh sertifikasi resmi dari Lembaga Sertifikasi Profesi Digital Nusantara. Sertifikasi ini diharapkan menjadi nilai tambah bagi mahasiswa untuk memasuki dunia kerja, khususnya di bidang digital marketing.
Salah satu peserta, Atik Muthmainnah, mahasiswi GENBI UNUJA, mengungkapkan antusiasmenya. “Kegiatan ini sangat bermanfaat karena memberikan pengalaman langsung
Pewarta: Desy
Foto: Helmi
Copyright © HUMAS UNUJA 2024