AR EN ID

Soroti Pernikahan Via Zoom, Dosen UNUJA Diundang 2nd ICHSC 2023 di Malaysia

WIB. Diakses: 172x. Soroti Pernikahan Via Zoom, Dosen UNUJA Diundang 2nd ICHSC 2023 di Malaysia

Pahang, Malaysia - Sofian Syaiful Rizal, M.H, Dosen tetap di Universitas Nurul Jadid (UNUJA), menjadi salah satu presenter dalam acara 2nd International Conference on Human Sciences and Civilizations (2nd ICHSC 2023) yang diadakan oleh Pusat Sains Kemanusiaan Universiti Malaysia Pahang (UMP) di Gambang, Kuantan, Pahang.

Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 8 hingga 9 Agustus 2023 dan diikuti oleh dosen dan akademisi dari berbagai negara, termasuk Malaysia, Thailand, India, Indonesia, dan Singapura.

Sofian memaparkan artikel "Analysis of Marriage Contract Through Teleconference Perspective Wahbah Az-Zuhaili and Islamic Family Law in Indonesia". Dengan Penelitian normatif dan pendekatan komparatif ini membandingkan pandangan Wahbah Az-Zuhaili dengan pendapat beberapa para ulama dan Kompilasi Hukum Islam (KHI) tentang pernikahan melalui telekonferensi.

Keabsahan pernikahan via video call seperti Zoom menurut Sofian belum diatur dengan kongkrit regulasinya di Indonesia, meski praktiknya ada yang telah melaksanakan dari tahun ketahun yang diperbolehkan dengan syarat tertentu yang harus dipenuhi.

Sofian dalam hal ini sebagai peneliti berupaya memecahkan ketidakjelasan hukum ini berdasarkan perspektif Wahbah Az-Zuhaili dalam bukunya "Al Fiqhu Al Islam wa Adillatuhu". Beliau menyoroti syarat ijab qobul yang membutuhkan ittihadul majlis.

Para peserta, termasuk Sofian, mengikuti seleksi ketat dan melampirkan full paper penelitian sesuai dengan lingkup yang telah ditentukan melalui portal resmi UMP. Para akademisi yang artikelnya berhasil terpilih diundang ke Malaysia untuk mempresentasikan hasil penelitiannya.

Sofian merasa termotivasi untuk terus memperbarui pengalaman dan pengetahuannya demi kemanfaatan bagi masyarakat, seiring dengan nasihat KH. Zuhri Zaini, pengasuh PP Nurul Jadid, serta komitmennya untuk membuat bangga keluarga melalui pencapaian prestasi nasional dan internasional.

(Humas UNUJA)

KANTOR

Universitas Nurul Jadid (UNUJA)
Karanganyar, Paiton, Probolinggo,
Jawa Timur, Indonesia
Kode Pos: 67291

Lihat Di Peta
Telp 0888 30 77077
Fax 0888 30 77077
unuja@unuja.ac.id

KERJA SAMA

Nasional
Internasional

2024 © PDSI Universitas Nurul Jadid | Sitemap