AR EN ID

Misi Mulia Mahasiswa UNUJA Dampingi Ibu Hamil di Probolinggo: Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi

WIB. Diakses: 157x. Misi Mulia Mahasiswa UNUJA Dampingi Ibu Hamil di Probolinggo: Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi

Probolinggo - Sabtu (17/02), Fakultas Kesehatan Universitas Nurul Jadid (UNUJA) mengadakan kegiatan yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo dan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga dengan dukungan dari UNICEF INDONESIA. Kegiatan kerja sama ini bernama Geliat Airlangga (Gerakan Peduli Ibu dan Anak Sehat Berbasis Keluarga dan Masyarakat). Selain Kabupaten Probolinggo, Geliat Airlangga juga diikuti 7 Kota/Kabupaten lain di Jawa Timur.

Kegiatan ini diikuti oleh 7 orang mahasiswa Prodi D3 Kebidanan Fakultas Kesehatan UNUJA dan dibimbing oleh dosen D3 Kebidanan UNUJA yaitu Ibu Yusri Dwi Lestari, Harwin Holilah Desyanti dan Ica Maulina.

Yusri selaku pembimbing dan penanggung jawab memaparkan bahwa mahasiswa tersebut diterjunkan untuk mendampingi ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Paiton selama kehamilan sampai selesai masa nifas dan menggunakan alat kontrasepsi.

Misi Mulia Mahasiswa UNUJA Dampingi Ibu Hamil di Probolinggo: Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi

Pelepasan Volunteer "Geliat Airlangga" Mahasiswa UNUJA di Puskesmas Paiton, Sabtu (17/2)

Dalam Geliat Airlangga ini, para mahasiswa melakukan beberapa kegiatan diantaranya deteksi dini dan melaporkan pada bidan desa sehingga dapat segera dilakukan penanganan yang tepat, memberikan konseling seputar kesehatan ibu, mengingatkan minum tablet tambah darah dan jadwal periksa, membantu ibu mempersiapkan persalinan, pendampingan pada masa nifas, serta mendampingi ibu dalam memilih alat kontrasepsi setelah nifas selesai.

“Program pendampingan ini didasari atas angka kematian ibu dan bayi yang masih cukup tinggi di Kabuputen Probolinggo. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat menekan angka kematian ibu dan bayi, dan meningkatkan status Kesehatan ibu, bayi dan anak di kabupaten probolinggo, khususnya wilayah Paiton,” ujar Yusri.

---

Pewarta : Desy

Editor : Kangsofy

Foto : Fakultas Kesehatan UNUJA

KANTOR

Universitas Nurul Jadid (UNUJA)
Karanganyar, Paiton, Probolinggo,
Jawa Timur, Indonesia
Kode Pos: 67291

Lihat Di Peta
Telp 0888 30 77077
Fax 0888 30 77077
unuja@unuja.ac.id

KERJA SAMA

Nasional
Internasional

2024 © PDSI Universitas Nurul Jadid | Sitemap