Eng Ind

Daun Kelor Menjadi Olahan Nikmat, Sehat dan Bergizi di Tangan Mahasiswa

WIB. Diakses: 299x. Daun Kelor Menjadi Olahan Nikmat, Sehat dan Bergizi di Tangan Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Nurul Jadid kembali menorehkan prestasi membanggakan. Dengan menggandeng kelompok Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Sumbercenteng, Kecamatan Kotaanyar, Kabupaten Probolinggo dalam melakukan pengabdian masyarakat, olahan daun kelor berhasil disulap oleh teman-teman mahasiswa menjadi aneka makanan yang sehat dan bergizi. Olahan daun kelor yang disebut moringa oleifera dalam bahasa ilmiah tersebut akhirnya turut mengantar mereka lolos dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang dilaksanakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) tahun 2019.

Pada dasarnya program pengabdian masyarakat yang dilakukan bertujuan untuk memaksimalkan produktivitas ibu-ibu PKK Desa Sumbercenteng dalam mengembangkan potensi yang dimiliki desa, salah satunya keberadaan daun kelor yang banyak tumbuh di desa. Selain keberadaannya yang cukup banyak tumbuh di desa, daun kelor memiliki segudang nutrisi dan manfaat yang baik untuk tubuh. Dengan komposisi tepung dan daun kelor sesuai takaran yang telah ditentukan, mahasiswa kemudian mengolahnya menjadi berbagai olahan makanan yang sehat dan bergizi, diantaranya pia kelor, nugget kelor dan mie kelor.

Keberhasilan dalam menciptakan beragam olahan makanan dari daun kelor tersebut tidak lepas dari kelima mahasiswa Fakultas Teknik dan dosen pembimbing yang telah menggagas kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kelima mahasiswa tersebut, ialah Miftahul Hasanah, Evia Riska Fitriana, Novia Indriati, Sulastri dan Siti Masruroh. Mereka dibimbing langsung oleh dosen Fakultas Teknik, Cahyuni Novia. Dalam perjalanan awalnya, mereka telah memberikan penyuluhan tentang gizi dan manfaat daun kelor serta melakukan pelatihan pembuatan aneka olahan daun kelor yang dapat memiliki nilai jual tinggi. Mereka juga berharap, dengan adanya penyuluhan dan pelatihan tersebut dapat membantu meningkatkan pendapatan masyarakat dengan menciptakan peluang usaha atau sebagai lapangan pekerjaan baru di Desa Sumbercenteng.

Pada saat launching produk olahan daun kelor di Kantor Desa Sumbercenteng, yang dihadiri oleh anggota kelompok PKK dan Kepala Desa sekaligus Ketua PKK Desa Sumbercenteng, Siti Aning Rukmana, beliau berharap bahwa kegiatan pengabdian yang dilakukan mahasiswa ini dapat terus berlanjut dan menjadi program rutin PKK Sumbercenteng. (Humas)

KANTOR

Universitas Nurul Jadid (UNUJA)
Karanganyar, Paiton, Probolinggo,
Jawa Timur, Indonesia
Kode Pos: 67291

Lihat Di Peta
Telp (0335) 771732
Fax (0335) 771732
unuja@unuja.ac.id

KERJA SAMA

Nasional
Internasional

2019 © PDSI Universitas Nurul Jadid | Sitemap