Eng Ind

Mahasiswa UNUJA Ciptakan Alat Sensor Deteksi Suhu Tubuh

WIB. Diakses: 269x. Mahasiswa UNUJA Ciptakan Alat Sensor Deteksi Suhu Tubuh

Kondisi Pandemi Covid-19 di Indonesia sampai saat ini masih terus mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Hal ini dibuktikan dengan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh pemerintah mulai tanggal 03-20 juli 2021.

Dari kondisi tersebut mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Nurul Jadid, Deni Hardiansyah dkk menciptakan alat sensor deteksi suhu tubuh yang dipasang di pintu masuk kampus UNUJA.

Menurut Deni alat tersebut mampu mendeteksi suhu tubuh tanpa adanya kontak antara security kampus dengan sivitas akademika maupun tamu yang berkunjung ke kampus. Selain itu alat ini juga mampu memberikkan informasi pada layar LCD dan notifikasi alarm apabila terdeteksi suhu tubuh yang melebihi 38 derajat.

Alat ini dikembangkan dengan menggunakan Arduino Nano dan Sensor Suhu LMX916 dan alhamdulillah sudah dilakukan penyerahan secara simbolis kepada pihak kampus pada tanggal 1 Juli 2021” Papar Deni, mahasiswa yang juga aktif di UKM ROBOTIKA UNUJA ini.

Kamil Malik, M.Kom selaku Dekan Fakultas Teknik yang sangat mengapresiasi hasil karya mahasiswa tersebut dan berharap karya ini mampu memompa semangat mahasiswa yang lain untuk terus berkarya.

Senada dengan Dekan, M. Noer Fadli Hidayat, M.Kom, Wakil Rektor III Bidang Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Inovasi Universitas Nurul Jadid, memiliki harapan besar ke depan alat ini bisa terus dikembangkan dan dipasarkan kepada masyarakat secara massal. (Humas - FT.UNUJA)

KANTOR

Universitas Nurul Jadid (UNUJA)
Karanganyar, Paiton, Probolinggo,
Jawa Timur, Indonesia
Kode Pos: 67291

Lihat Di Peta
Telp 0888 30 77077
Fax 0888 30 77077
unuja@unuja.ac.id

KERJA SAMA

Nasional
Internasional

2021 © PDSI Universitas Nurul Jadid | Sitemap