AR EN ID

Workshop Penulisan Artikel Media Massa, Ketua PWI Soroti Tantangan Literasi di Era AI

WIB. Diakses: 84x. Workshop Penulisan Artikel Media Massa, Ketua PWI Soroti Tantangan Literasi di Era AI

Probolinggo - Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Probolinggo Raya, H.A. Suyuti, menekankan pentingnya penguatan literasi bagi masyarakat, terutama di kalangan akademisi. Hal itu disampaikannya pada pembukaan Workshop Penulisan Artikel di Media Massa Nasional dan Internasional yang diselenggarakan di Aula Wisma Dosen Universitas Nurul Jadid (UNUJA) pada Sabtu, (6/72024). Dalam sambutannya, Suyuti menyoroti kemajuan teknologi yang pesat sebagai tantangan yang harus dihadapi dengan literasi yang kuat.

"Sekarang ini teknologi sudah sangat maju. Tapi ini juga jadi ancaman sekaligus tantangan bagi kita. AI sudah berkembang pesat sekali. Orang menulis mudah sekali, tinggal masukkan prompt dan jadi artikel. Tapi kalau tidak dibarengi dengan literasi yang kuat, kondisi itu justru bisa membahayakan. Orang bisa jadi kehilangan daya kritisnya terhadap teks," ujar Suyuti.

Workshop penulisan artikel ini merupakan hasil kerja sama antara UNUJA dan PWI Probolinggo Raya, yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan menulis dosen agar dapat menghasilkan karya berbasis kultur akademik yang dapat diterima secara luas oleh publik. Narasumber utama dalam kegiatan tersebut adalah Redaktur Tempo, Abdul Manan, yang berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam dunia jurnalisme. Selain itu, materi tentang kepenulisan juga disampaikan oleh Ahmad Sahidah, Ph.D., kolumnis di sejumlah media massa nasional dan dosen di UNUJA.

Achmad Fawaid, Kepala Lembaga Penelitian, Pengembangan, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) UNUJA, menyampaikan bahwa workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan akademisi UNUJA dalam bidang kepenulisan, serta meningkatkan kontribusi institusi bagi masyarakat luas, baik di tingkat nasional maupun internasional.

"Kita (UNUJA) punya target capaian luaran berupa karya dosen yang terpublikasi dalam bentuk tulisan di berbagai media massa, nasional maupun internasional. Itu penting untuk dicapai, agar dinamika ilmiah dan akademik di dalam kampus dapat dirasakan juga oleh masyarakat," kata Fawaid.

Melalui workshop ini, diharapkan dosen-dosen UNUJA dapat mengembangkan skill menulisnya sehingga dapat berkontribusi lebih dalam menyebarkan ilmu pengetahuan dan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat. Kegiatan ini juga diharapkan dapat memperkuat posisi UNUJA sebagai institusi pendidikan yang aktif berpartisipasi dalam pembangunan literasi nasional.

-

Pewarta : Masrurul

Editor: Kangsofy

Foto : Helmi

Copyright © HUMAS UNUJA 2024

KANTOR

Universitas Nurul Jadid (UNUJA)
Karanganyar, Paiton, Probolinggo,
Jawa Timur, Indonesia
Kode Pos: 67291

Lihat Di Peta
Telp 0888 30 77077
Fax 0888 30 77077
unuja@unuja.ac.id

KERJA SAMA

Nasional
Internasional

2024 © PDSI Universitas Nurul Jadid | Sitemap