AR EN ID

UNUJA Gelar Kuliah Umum, Ungkap Strategi Membangun Ekonomi Melalui Stabilitas, Hilirisasi & Geopark

WIB. Diakses: 126x. UNUJA Gelar Kuliah Umum, Ungkap Strategi Membangun Ekonomi Melalui Stabilitas, Hilirisasi & Geopark

Probolinggo, Jawa Timur - Universitas Nurul Jadid (UNUJA) menyelenggarakan Kuliah Umum dengan menghadirkan Prof. Dr. Murpin Josua Sembiring, SE., M.Si, Ketua Persatuan Guru Besar/ Profesor Indonesia (PERGUBI) wilayah Jawa Timur, pada Rabu (28/2/2024) di Auditorium 1 Pondok Pesantren Nurul Jadid.

Kuliah Umum ini mengangkat tema "Sinergi Dalam Aksi Strong Leadership dan Keunggulan Pemberdayaan Followership Untuk Indonesia Emas". KH Abdul Hamid Wahid, Rektor UNUJA, menjelaskan alasan mengundang Prof. Murpin karena beliau memiliki latar belakang sebagai aktivis, ilmuwan, dan pengusaha. "Kita bisa mendapatkan wawasan dalam banyak hal di pertemuan ini, entah itu keilmuan, seni kehidupan, dan lain-lain," jelas beliau.

Prof. Murpin memaparkan strategi untuk mempersiapkan Indonesia unggul 2045. Pertama, stabilitas negara atau ketenangan dalam bernegara. Kedua, keberlanjutan dan kesinambungan dalam memimpin dengan sikap pemimpin sejati, "Jangan membesarkan diri dengan merendahkan orang lain," papar Prof. Murpin.

Mantan Rektor Universitas Ma Chung Malang ini juga menekankan pentingnya hilirisasi. "Meskipun kalah di WTO tidak apa-apa, masak kita dari Freeport hanya bawa bongkahan batu, padahal emas di dalamnya," tuturnya.

UNUJA Gelar Kuliah Umum, Ungkap Strategi Membangun Ekonomi Melalui Stabilitas, Hilirisasi & Geopark

Prof. Dr. Murpin Josua Sembiring, SE., M.Si dalam Kuliah Umum UNUJA, Rabu (28/02)

Prof. Murpin juga mencontohkan kasus China. Pada tahun 60 atau 70-an, 50% pengangguran di dunia ada di China karena penduduknya saat itu dua miliar. "Saya tahun 80-an ke sana, waduh kotanya bau, kotor, tapi sekarang mereka paling mewah, teknologi tinggi. Anak-anak muda disuruh kuliah ke beberapa negara, lantas pulang membangun negaranya," kata Prof. Murpin.

Prof. Murpin menawarkan sistem Geopark untuk meningkatkan SDM dan mengembalikan Sumber Daya Alam (SDA) atau hilirisasi. "Alam yang disiapkan oleh Tuhan dan budaya-seni yang sudah berkembang, biarkanlah penduduk sana tidak tercabut budayanya untuk ekonominya bangkit, karena kedatangan wisatawan," tuturnya. Beliau juga menambahkan pentingnya meningkatkan Value Added serta dukungan dari infrastruktur yang berkualitas dan koneksitas.

Kegiatan Kuliah Umum ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa, dosen, dan pimpinan Universitas Nurul Jadid.

-

Pewarta: Alghajali

Editor: Kangsofy

Foto: Helmi

Copyright © HUMAS UNUJA 2024

KANTOR

Universitas Nurul Jadid (UNUJA)
Karanganyar, Paiton, Probolinggo,
Jawa Timur, Indonesia
Kode Pos: 67291

Lihat Di Peta
Telp 0888 30 77077
Fax 0888 30 77077
unuja@unuja.ac.id

KERJA SAMA

Nasional
Internasional

2024 © PDSI Universitas Nurul Jadid | Sitemap