Eng Ind

Prodi Teknik Elektro UNUJA Komandoi Pembangunan PLTMH di Plosok Desa

WIB. Diakses: 726x. Prodi Teknik Elektro UNUJA Komandoi Pembangunan PLTMH di Plosok Desa

UNUJA.AC.ID- Setelah beberapa kali Fakultas Teknik UNUJA mengadakan pelatihan dan seminar mengenai Renewable Energy, kini tindak lanjut dari seluruh kegiatan pelatihan tersebut membuahkan hasil. Berangkat dari kegelisahan mahasiswa akan keadaan lingkungannya dan didorong dengan semangat dan tekat yang kuat untuk melakukan pengabdian masyarakat, mereka bersama-sama didampingi dosen Fakultas Teknik akhirnya membulatkan tekat membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) di salah satu plosok desa. Hal ini juga sebagai bentuk pengimplementasian nilai-nilai Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kampus kepada masyarakat dan mengaplikasikan teknologi tepat guna dalam bidang energi baru terbarukan (Renewable Energy).

PLTMH sendiri adalah suatu pembangkit listrik skala kecil yang menggunakan energi mekanik pada air sebagai tenaga penggeraknya. Disebut mikrohidro karena listrik yg dibangkitkan dibawah kapasitas 200 KW. Mikrohidro memanfaatkan energi potensial gerak yg tersimpan pada air. Semakin deras aliran air, maka energi yg dihasilkan pun bisa semakin besar, sehingga potensi energi listrik yang dibangkitkan semakin besar pula. Energi air merupakan energi masa depan yg tidak akan pernah habis, selagi sumber mata airnya ada. Berbeda dengan minyak, gas, dan batu bara sebagai sumber bahan bakar listrik yang dalam beberapa puluh tahun ke depan akan semakin berkurang dan bahkan habis.

Proyek pembangunan PLTMH ini dilaksanakan di salah satu plosok desa, yakni Dusun Langsepan, Desa Duren, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo. Desa Duren menjadi prioritas teman-teman mahasiswa Prodi Teknik Elektro untuk membangun PLTMH berdasarkan beberapa pertimbangan, diantaranya melimpahnya potensi energi air yang ada, keindahan lokasi desa, akses jalan yang tidak terlalu sulit dan dukungan serta semangat bergotongroyong warga desa yang sangat tinggi dalam proyek pengabdian pembangunan PLTMH.

Salah satu semangat warga tersebut nampak ketika adanya kunjungan dari rombongan pimpinan UNUJA. Didampingi oleh pemerintah desa setempat (Bapak Miska) beserta masyarakat, bersama-sama menyambut kedatangan Wakil Rektor III (M. Noer Fadli Hidayat, M. Kom.) dan Dekan Fakultas Teknik UNUJA (Moh. Furqan, M. Kom.), Minggu (11/3). Agenda kedatangan Wakil Rektor III dan Dekan di tempat pembangunan PLTMH selain untuk menyambangi dan memberikan semangat kepada teman-teman mahasiswa, Beliau juga melakukan agenda penandatanganan MoU dengan pemerintah Desa Duren. (Humpro)

KANTOR

Universitas Nurul Jadid (UNUJA)
Karanganyar, Paiton, Probolinggo,
Jawa Timur, Indonesia
Kode Pos: 67291

Lihat Di Peta
Telp (0335) 771732
Fax (0335) 771732
unuja@unuja.ac.id

KERJA SAMA

Nasional
Internasional

2019 © PDSI Universitas Nurul Jadid | Sitemap