AR EN ID

Buat Suasana Belajar Ceria, Ini Isi English Camp MBKM UNUJA di Malaysia

WIB. Diakses: 110x. Buat Suasana Belajar Ceria, Ini Isi English Camp MBKM UNUJA di Malaysia

SELANGOR MALAYSIA - Mahasiswa Universitas Nurul Jadid yang mengikuti Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) itu melaksanakan English Camp di Pondok Pesantren An-Nahdloh Tanjung Sepat, Selangor, Malaysia.

Kegiatan ini dilaksanakan secara kolaboratif dengan beberapa mahasiswa dari kampus lain. Kegiatan yang digelar selama tiga hari sejak tanggal 22-24 Desember 2023 ini diisi dengan pelbagai materi yang berhasil membuat 31 peserta English Camp betah dalam mengikuti materi pembelajaran.

Untuk memudahkan mengatur anak-anak, mereka membentuk lima kelompok, yaitu tiga kelompok putra, dua kelompok putri. Masing-masing kelompok terdiri dari enam sampai tujuh peserta.

Setiap kelompok memiliki kakak asuh masing- masing agar semua panitia dapat terlibat dalam kegiatan tersebut. Kelompok pertama diasuh oleh Muhammad Shofa Uzzad Zuhri, Universitas Nurul Jadid; Kelompok 2 diasuh oleh Hamadah Sahrullah, Universitas Nurul Jadid; Kelompok 3 diasuh oleh Ridho, Pondok Puncak Darussalam Madura; Kelompok 4 diasuh oleh Diana Putri Prahasti, Universitas Nurul Jadid; Kelompok 5 diasuh oleh Hasna, Universitas Negeri Surabaya.

Master Mind dari program ini ialah Nabila Firdausyiah Mahasiswi Universitas Nurul Jadid Prodi Pendidikan Bahasa Inggris yang menyusun modul dari English Camp dan menjadi tutor.

Di hari pertama, kegiatan diawali dengan pembagian kelompok, pemilihan ketua kelompok, dan self introduction. Kultum Pagi mengawali kegiatan di hari kedua yang diampu oleh Khusnul Khotimah, Pondok Al-Amin.

 

Buat Suasana Belajar Ceria, Ini Isi English Camp MBKM UNUJA di Malaysia

Para peserta terlihat antusias saat bermain tebak kosakata bahasa Inggris

Kemudian, setelah sarapan para peserta mendapatkan materi pertama yaitu vocabulary. Dalam pematerian tersebut, dibungkus dengan game tebak kosakata dengan gerakan. Dilanjutkan dengan materi ke 2 yaitu mengenal arah mata angin.

Agar lebih menarik minat peserta, para mahasiswa itu mengajak mereka menempel dan menebak arah mata angin yang mereka buat. Acara selanjutnya akan menantang kekompakan dan ketelitian mereka dalam mencari kosa kata yang ditempel di berbagai tempat yang sudah disediakan dan mencari arti dari setiap kosa kata yang sudah diberikan oleh panitia.

Kegiatan tersebut akan lebih menantang lagi karena akan dilaksanakan pada malam hari selepas Isya'. Tidak lupa selepas magrib untuk menambah ilmu agama mereka, para mahasiswa kembali mengadakan kultum kedua dengan diikuti oleh semua peserta English camp dan juga santri putra dan putri. Kegiatan terakhir day 2 diisi dengan persiapan Penampilan-penampilan mereka pada closing esok hari.

Di hari terakhir English Camp diisi dengan penampilan-penampilan yang sudah mereka persiapkan malam sebelumnya. Kegiatan ini diharapkan tidak hanya materi baru saja yg mereka dapat tapi bukti nyata dari kegiatan yang sudah mereka lakukan dari awal sampai akhir. Selain beberapa penampilan akan ada pemberian hadiah peserta terbaik dan kelompok terbaik untuk mengapresiasi kerja keras mereka selama kegiatan tersebut.

KANTOR

Universitas Nurul Jadid (UNUJA)
Karanganyar, Paiton, Probolinggo,
Jawa Timur, Indonesia
Kode Pos: 67291

Lihat Di Peta
Telp 0888 30 77077
Fax 0888 30 77077
unuja@unuja.ac.id

KERJA SAMA

Nasional
Internasional

2024 © PDSI Universitas Nurul Jadid | Sitemap