AR EN ID

Webinar EStation BPS Probolinggo dan UNUJA Gagas Era Baru Kajian Ilmiah

WIB. Diakses: 89x. Webinar EStation BPS Probolinggo dan UNUJA Gagas Era Baru Kajian Ilmiah

Probolinggo – Kamis,(16/5/2024),  Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Probolinggo mengadakan Webinar Edukasi Statistik Online (E’Station) berkolaborasi dengan Prodi Ekonomi dan UPT Perpustakaan Universitas Nurul Jadid. 

Ir.Firman Bastian M.Si selaku Kepala BPS Kabupaten Probolinggo menjelaskan bahwa salah satu tujuan diadakannya acara ini adalah untuk menginformasikan data strategis BPS dan memperluas kajian ilmiah.

“Webinar kali ini bertujuan untuk memperkenalkan data strategis BPS  dan diharapkan dapat memperluas kajian ilmiah terkait pemanfaatan data-data strategis tersebut,” Ucap Firman pada Kamis, (16/5).

Firman Bastian juga memaparkan bahwa data strategis yang ada di BPS bisa diperluas penggunaannya dalam menyusun kajian ilmiah.

”Data-data strategis yang ada di BPS itu bisa diperluas penggunaannya dalam penyusunan karya ilmiah baik skripsi, tesis maupun karya ilmiah lainnya, sehingga dengan adanya keterlibatan teman-teman akademisi, pemahaman data-data strategi BPS akan mudah di terjemahkan,” paparnya.

Webinar ini akan dikembangkan dan dilanjutkan secara rutin untuk dilaksanakan dengan membahas kajian terhadap angka strategis yang lain, tidak hanya pertumbuhan ekonomi. Selain itu BPS Kabupaten Probolinggo mungkin kedepannya akan mengadakan webinar terkait indeks pembangunan manusia, kemiskinan dan indikator kesejahteraan rakyat lain.

Firman Bastian berharap dengan webinar ini data-data strategis yang dihasilkan oleh BPS dapat lebih terkaji.

“Artinya, kajian strategis berdasarkan dasar teori yang dimiliki oleh teman-teman akademisi mempunyai analisis yang lebih di pahami. Hasil webinar diharapkan dapat memberikan rekomendasi terhadap pemangku jabatan, pemangku kebijakan, dan pengguna dari data-data tersebut,” Ucapnya.

Kegiatan Webinar yang berlangsung menggunakan zoom meeting ini menghadirkan 2 narasumber diantaranya M. Fakhri Siddiqi, M. Akun, Dosen Prodi Ekonomi UNUJA, Achmad Nurrochman, SE, Statistisi Ahli Muda serta Dicky Dita F., SST, M.Ec.Dev, Statistisi Ahli Muda sebagai moderator. 

-

Pewarta: Muhammad Zahid

Editor: Kangsofy

Foto: Muhammad Zahid

KANTOR

Universitas Nurul Jadid (UNUJA)
Karanganyar, Paiton, Probolinggo,
Jawa Timur, Indonesia
Kode Pos: 67291

Lihat Di Peta
Telp 0888 30 77077
Fax 0888 30 77077
unuja@unuja.ac.id

KERJA SAMA

Nasional
Internasional

2024 © PDSI Universitas Nurul Jadid | Sitemap