AR EN ID

UNUJA Beri Pelatihan Menulis ArtPop bagi Dosen dan Mahasiswa

WIB. Diakses: 109x. UNUJA Beri Pelatihan Menulis ArtPop bagi Dosen dan Mahasiswa

Probolinggo - Sabtu, (6/7/2024), Universitas Nurul Jadid (UNUJA) menggelar pelatihan menulis artikel populer bagi dosen dan mahasiswa di Wisma Dosen. Kegiatan ini menghadirkan dua pemateri ternama: Abdul Manan, redaktur dari majalah TEMPO, dan Ahmad Sahidah, seorang kolumnis nasional yang karyanya telah banyak menginspirasi pembaca di seluruh Indonesia. Pelatihan ini ditujukan untuk meningkatkan keterampilan menulis para peserta dalam menghasilkan artikel populer yang berkualitas.

Achmad Fawaid, Kepala Lembaga Penerbitan, Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) UNUJA membuka acara dengan sambutan hangat, menekankan pentingnya kemampuan menulis bagi dosen dan mahasiswa. Beliau menyampaikan bahwa menulis adalah keterampilan yang harus dimiliki oleh setiap akademisi, karena melalui tulisan, ide, gagasan, dan pengetahuan bisa disampaikan kepada masyarakat luas.

Sesi pertama pelatihan dimulai dengan materi dari Abdul Manan, redaktur TEMPO yang memiliki segudang pengalaman dalam menulis dan mengedit artikel populer. Dalam penyampaiannya, Abdul Manan menjelaskan ciri-ciri artikel populer, termasuk bagaimana membuat tulisan yang mudah dipahami dan menarik bagi pembaca. Ia menekankan pentingnya memahami audiens dan menyesuaikan gaya penulisan dengan kebutuhan mereka. Abdul Manan juga membagikan tips praktis dalam menulis, seperti cara memulai artikel dengan menarik, mengembangkan argumen yang kuat, dan menutup tulisan dengan kesan yang mendalam.

UNUJA Beri Pelatihan Menulis ArtPop bagi Dosen dan Mahasiswa

Peserta pelatihan penulisan artikel media masa nasional-internasional menyimak materi dari penyaji, Sabtu (6/7)

Materi berikutnya disampaikan oleh Ahmad Sahidah, seorang kolumnis nasional yang memiliki perspektif unik dalam menulis artikel populer. Ia membagikan pengalamannya tentang struktur artikel populer, yang mencakup pengenalan, pembahasan, dan kesimpulan. Ahmad Sahidah menjelaskan bagaimana menulis pengenalan yang menarik perhatian pembaca, menyusun pembahasan yang logis dan informatif, serta menutup artikel dengan kesimpulan yang kuat. Ia juga menekankan pentingnya orisinalitas dan keberanian dalam menyampaikan opini. Ahmad Sahidah mendorong para peserta untuk tidak takut mengekspresikan pandangan mereka, bahkan jika itu berbeda dari arus utama.

Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan kompetensi menulis dosen dan mahasiswa UNUJA. Tulisan-tulisan mereka diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan menjadi bagian dari upaya UNUJA dalam mengembangkan literasi melalui penyebaran pengetahuan. Pelatihan ini juga menjadi bukti komitmen UNUJA dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan memberdayakan sivitas akademiknya.

-

Pewarta : Desy

Editor: Kangsofy

Foto : Helmi

Copyright © HUMAS UNUJA 2024

KANTOR

Universitas Nurul Jadid (UNUJA)
Karanganyar, Paiton, Probolinggo,
Jawa Timur, Indonesia
Kode Pos: 67291

Lihat Di Peta
Telp 0888 30 77077
Fax 0888 30 77077
unuja@unuja.ac.id

KERJA SAMA

Nasional
Internasional

2024 © PDSI Universitas Nurul Jadid | Sitemap